Contoh Skenario Diakonia

Skenario pencarian dana diakonia

PGI                       sasaran tingkat nasional

JKLPK                  sasaran untuk gereja dan LPK

Sinode-Sinode  sasaran tingkat sinodal

 

Kerangka Acuan Kerja

Lokakarya Nasional Diakonia Transformatif

Tema:

“Bersinergi Membangun Kesejahteraan Hidup”

  1. Latar Belakang

Gereja-gereja di Indonesia telah memiliki kesadaran bahwa pelayanan diakonia harus bersifat transformatif dan tidak boleh dipandang sebelah mata, karena pelayanan ini merupakan bagian holistik dari kesaksian Gereja tentang karya pemulihan ALLAH bagi dunia. Dalam penerapannya, diakonia transformatif masih banyak menghadapi kendala baik dalam konsep maupun praktiknya. Diakonia transformatif memerlukan komitmen, motivasi, serta teknik yang memadai bagi pelaksanaannya.

Pemberdayaan ekonomi jemaat, termasuk salah satu bentuk diakonia transformatif, yang tidak hanya dimaksudkan sebagai pelayanan karikatif ataupun produktif, melainkan seharusnya diarahkan pada kesadaran transformasi yang dicirikan dengan kemampuan berwirausaha, kesadaran interkultural, serta mampu menjalin jaringan sosial yang lebih luas. Selain itu juga diharapkan, jemaat mampu berefleksi dan mengembangkan spiritualitas baru yang ditemukan dari keseluruhan proses yang dijalaninya. Bila jemaat berdaya secara ekonomi maka akan memperoleh kesempatan lebih luas untuk mengembangkan wawasan dan perjumpaan dengan nilai-nilai sosial lainnya. Dalam hal ini gereja-gereja telah memiliki beragam pengalaman keberhasilan maupun kegagalan, sehingga diperlukan sebuah pertemuan bersama untuk saling bertukar informasi, pengalaman, refleksi, serta menjalin kerjasama tidak hanya antar gereja, tetapi juga dengan masyarakat luas di sekitarnya. Kesejahteraan tidak hanya ditujukan bagi sekelompok orang, melainkan untuk masyarakat seluas-luasnya.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Universitas Kristen Duta Wacana sebagai lembaga yang memiliki kompetensi langsung dalam pengembangan pelayanan masyarakat (Bersama Gereja-Gereja dan lembaga terkait lainnya). LPPM bermaksud ikut terlibat dalam pengembangan lebih lanjut diakonia transformatif ini melalui kegiatan yang mendukung pelaksanaan diakonia transformatif di gereja-gereja dengan memberikan pendampingan metodologis, pendalaman konsep teologis dan interdisipliner, serta menciptakan ruang kerjasama antar gereja dan masyarakat supaya dapat lebih baik lagi menjawab situasi Indonesia saat ini.

LPPM akan melakukan penelitian lebih lanjut berdasarkan rekomendasi dan kebutuhan yang disampaikan dalam pertemuan ini untuk direalisasikan dalam berbagai program pendampingan, konsultasi, kerjasama, maupun menciptakan modul-modul khusus bagi mahasiswa / gereja agar memiliki kepekaan dan kemampuan mengembangkan diakonia transformatif.

  1. Tujuan

Memfasilitasi perjumpaan interkultural gereja dan masyarakat bagi pengembangan diakonia transformatif melalui peningkatan kesejahteraan ekonomi yang dilandasi pada kesadaran kerjasama, kewirausahaan, serta pendekatan yang holistik interdisipliner.

  1. Sasaran

–                 Gereja-gereja menginventarisasi jenis-jenis hambatan yang ditemui di lapangan

–                 Gereja-gereja melakukan evaluasi dan refleksi diakonia transformatif dari konteks yang berbeda-beda.

–                 Gereja-gereja (Sinode-Sinode pendukung UKDW) terlibat langsung dalam mengembangkan jaringan guna mendukung pemberdayaan ekonomi jemaat

–                 Gereja-gereja mendapatkan wadah pertemuan untuk berbagi pengalaman

–                 Masyarakat mendapatkan informasi tentang diakonia transformatif dalam rangka sinergi mengusahakan kesejahteraan bersama

–                 LPPM/Mitra mendapatkan masukan untuk mengembangkan program-program berkelanjutan bagi pendampingan masyarakat di bidang pemberdayaan ekonomi.

–                 LPPM/Mitra dapat mengembangkan modul-modul pembelajaran bagi habitusnya

  1. Strategi / Metodologi

–                 Berbagi pengalaman (kegagalan dan keberhasilan), menginventarisir hambatan dan peluang untuk mencari cara-cara yang tepat bagi proses pengembangannya. Dilanjutkan Diskusi Kelompok Khusus, peserta membandingkan diakonia transformative masing-masing

–                 Kunjungan Lapangan, melakukan kunjungan di lokasi pengembangan industri kecil / komunitas mandiri di Yogyakarta dan sekitarnya.

–                 Merumuskan konsep Rencana Aksi yang dapat dilakukan oleh gereja-gereja dengan dipandu oleh beberapa nara sumber

–                 Merekomendasikan, berbagai hasil pertemuan sebagai masukan penting bagi gereja-gereja pengutus dan merekomendasikan masukan-masukan penting bagi LPPM UKDW

 

  1. Hasil yang diharapkan

Gereja dan LPPM menemukan konsep dan strategi baru sebagai kelanjutan pengembangan pemahaman dalam pelaksanaan diakonia transformatif di Indonesia serta mampu membangun / menciptakan kerjasama lintas agama, gereja dan budaya / tradisi, berdasarkan rekomendasi jangka panjang maupun jangka pendek yang dihasilkan dalam pertemuan ini.

  1. Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Lokakarya ini diselenggarakan pada tanggal 5-7 Oktober 2010 (3 hari 2 malam) menggunakan Kapel Lt. 3, Auditorium, Ruang Tasdik dan Ruang Harun – Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta. Panitia menyediakan informasi penginapan di sekitar kampus.

  1. Susunan Acara
 

Hari, Tanggal, Tempat

 

 

Waktu

 

Kegiatan

 

Selasa, 5 Oktober 2010 07.30 – 08.30

08.30 – 08.45

08.45 – 09.45

09.45 – 10.15

10.15 – 12.00

12.00 – 13.30

13.30 – 16.00

16.00 – 17.30

Pendaftaran Peserta

Pembukaan (oleh Ketua LPPM dan Rektor)

Keynote Speaker

Coffee Break

Berbagi pengalaman diakonia transformatif (perwakilan 3 gereja, setelah melewati seleksi panitia)

Makan siang

Diskusi Panel bersama: Bp. Drs. Titus K. Kurniadi, Bp. Uripto Widjaja „Pengembangan Ekonomi Gereja“ dan Kewirausahaan” dan Bp. Prof. E.G. Singgih, Ph.D. „Tinjauan kritis terhadap pelaksanaan Diakonia Gereja.“

Coffee Break (diskusi kelompok / ringkasan hari I)

Rabu, 6 Oktober 2010 07.30 – 08.30

08.30 – 08.45

08.45 – 09.45

09.45 – 10.15

10.15 – 12.00

12.00 – 13.00

13.00 – 15.30

15.30 – 16.30

16.30 – 17.30

Makan pagi

Pengantar (dari panitia, menyampaikan ringkasan hari pertama)

Presentasi dari Fakultas Teknik dan Fakultas Theologi

Coffee Break

Presentasi dari Fakultas Ekonomi, Kedokteran, dan Biologi

Makan siang

Diskusi Panel: Bp. Ir. Gatot Murdjito, M.S. (LPPM UGM) “Pokok-pokok Penting Pemberdayaan Masyarakat” dan  Bp. Prof. Dr. Mohamad Susiawan (Sosiolog UGM) “Pengembangan Jejaring Sosial Lintas Agama di Indonesia.”

Coffee Break dan Diskusi Kelompok (Panitia / Tim)

Presentasi Kelompok

Kamis, 7 Oktober 2010 07.30 –  15.00

15.00 – 15.30

15.30 – 17.00

17.00 – 17.30

Makan pagi (kardus, berangkat ke lokasi)

Kunjungan lokasi: Ganjuran dan GKJ Jodhog (Bantul)

Coffee Break

Focus Group Discussion untuk merumuskan Action plan (didampingi Bp. Meth Kusumahadi, DCM)

Penutup (oleh Ketua Panitia)

  1. Peserta

Undangan disampaikan terutama kepada 12 gereja pendukung. Dibatasi maksimal 150 orang yang terdiri dari minimal 10 kelompok diakonia transformatif yang telah dikembangkan di gereja. Para peserta mengajukan tulisan singkat tentang pelaksanaan diakonia transformatif pada saat pendaftaran.

  1. Fasilitator

Narasumber berasal dari disiplin ilmu yang berbeda (Metode Penelitian Sosial, Interkultural, Teologi, Biologi, Informatika, Arsitektur, Desain Produk, Ekonomi, Kedokteran) atau narasumber lain yang memiliki kompetensi di bidang terkait misalnya Perkreditan / Perkoperasian, Pengembangan Industri Kecil, Pemasaran, Kontrol terhadap Kwalitas Lingkungan, serta narasumber yang mengerti tentang kebijakan pemerintah daerah).

  1. Susunan Panitia

Pelindung                                              :

Pengarah                                               :

Ketua                                                     :

Bendahara                                            :

Sekretaris                                              :

Ibu Serli Stiawaty, S.Si.

Acara                                                     :

Konsumsi                                              :

Usaha Dana                                         :

Dokumentasi/Transportasi              :

Akomodasi                                           :

Biaya

Biaya Keseluruhan sebesar Rp  89.739.500.-

Kekurangan anggaran akan dicukupi oleh Universitas, lembaga-lembaga sponsor, kontribusi peserta, dan sumbangan dari sinode / gereja-gereja.

Penutup

Diakonia transformatif merupakan sebuah gerakan pembangunan jemaat sebagai habitus baru yang diharapkan mampu menterjemahkan visi dan misi gereja dalam membangun jaringan intercultural dalam tataran praksis. Dengan demikian diharapkan, kedepan pelayanan gereja diharapkan lebih kreatif, aplikatif, kontekstual dan inklusif yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat luas. Kemampuan bekerja sama didalam maupun diluar cluster yang ada dengan pihak-pihak terkait merupakan faktor penting dan mendasar yang selalu perlu ditumbuhkan.

Atas segenap dukungan gereja-gereja serta Ibu dan Bapak sekalian untuk keberhasilam program ini kami menyampaikan terimakasih. Apabila diperlukan koreksi atas proposal ini akan kami sesuaikan dikemudian hari.

Tuhan Beserta Kita sampai selama-lamanya.

Yogyakarta, 14 Juni 2010

Gereja pendukung 

  • Gereja Kristen Jawa (GKJ)
  • Gereja Kristen Indonesia Wilayah Jawa Tengah (GKI Jateng)
  • Greja Kristen Jawi Wetan (GKJW)
  • Gereja Kristen Indonesia Wilayah Jawa Timur (GKI Jatim)
  • dan Gereja Injili Tanah Jawi (GITJ)

Dukungan gereja semakin bertambah dengan bergabungnya:

  • Gereja Kristen Indonesia Wilayah Jawa Barat (GKI Jabar)
  • Gereja Kristen Sumba (GKS)
  • Gereja Kristen Muria Indonesia (GKMI)
  • Gereja Kristen Protestan Bali (GKPB)
  • Gereja Kristen Pasundan (GKP)
  • Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB)
  • Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSBS)

DAFTAR ALAMAT

GEREJA-GEREJA ANGGOTA PGI

1. Huria Kristen Batak Protestan (HKBP)

Kantor Pusat HKBP

PEARAJA-TARUTUNG 22413

Tapanuli Utara, Sumut

Telp. (0633) 21707

Fax . (0633) 21596; 21707

2. Banua Niha Keriso Protestan (BNKP)

Kantor Pusat BNKP

Jalan Sukarno 22 GUNUNG SITOLI, Nias 22813

Telp. (0639) 21448

Fax. (0639) 323.127

3.Gereja Batak Karo Protestan (GBKP)

Jalan Kapten Pala Bangun 66

KABANJAHE 22115, Sumut

Telp. (0628) 20466, 21524

Fax. (0628) 20392

4. Gereja Methodist Indonesia (GMI)

Jalan R.A. Kartini No.31

MEDAN, Sumut

Telp. (061) 451.0570; 457.1191

Fax. (061) 415.7118

5.Gereja Kalimantan Evangelis (GKE)

Jalan Jenderal Sudirman 4

BANJARMASIN 70114, Kalsel

Telp. (0511) 335.4856

Fax. (0511) 436.5297

6.Gereja Masehi Injili Sangihe Talaud (GMIST)

Kantor GMIST, TAHUNA 95812 Sulawesi Utara

Telp. (0432) 21370

Fax. (0432) 22828

7.Gereja Masehi Injili Minahasa (GMIM)

Kotak Pos 5

TOMOHON-MINAHASA 95362, S u l u t

Telp. (0431) 351.036 Fax. (0431) 351.161

8.Gereja Masehi Injili Bolaang Mongondow (GMIBM)

Jalan A. Yani No. 720, Kotak Pos 104

KOTAMOBAGU 95711 Bolaang Mongondow, Sulut

Telp. (0434) 21280

Fax. (0434) 22446

9.Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST)

Jalan Setiabudi No. 93

Kec. Pamona Utara, TENTENA 94663 Kab. POSO, Sulawesi Tengah

Telp. (0458) 21050, 21285

Fax. (0458) 21318

10.GEREJA TORAJA

Jalan Jenderal Ahmad Yani 45 RANTEPAO-TANA TORAJA 91831

Sulawesi Selatan

Telp. (0423) 21460, 21539, 21612, 21742

Fax. (0423) 25143

11.GEREJA TORAJA MAMASA

Jalan Demmatande No. 17 Mamasa

Kec. Mamasa, Kab. MAMASA

SULAWESI BARAT 91362

Telp. 086 812 120 998

Jalan Ketilang No. 4 Kotak Pos 1186, MAKASSAR 90011

Sulawesi Selatan

Telp./Fax. (0411) 854.436

33.Gereja Kristen Luwuk Banggai (GKLB)

Jalan Sam Ratulangi 261 Kotak Pos 13, LUWUK 94712 Kab. Banggai, Sulawesi Tengah

Telp. (0461) 21436

Fax. (0461) 22218

34.Gereja Kristus Tuhan (GKT)

Jalan Argopuro 6 MALANG 65112, Jawa Timur

Telp./Fax (0341) 25826

35.Gereja Protestan Indonesia Donggala (GPID)

Jalan Pattimura 5 MAESA – PALU 94112 Sulawesi Tengah

Telp. (0451) 422.358

Fax. (0451) 455.429

36.Gereja Punguan Kristen Batak (GPKB)

Jalan HOS Cokroaminoto No. 96 JAKARTA PUSAT 10310

Telp. 3190.3203

37.Badan Pekerja Harian Majelis Sinode

Gereja Protestan Indonesia Gorontalo (GPIG)

Jalan Pendang Kalengkoan No. 30

Kotak Pos 45, GORONTALO 96117

Sulawesi Utara

Telp./Fax (0435) 823.815

38.Gereja Kristen Jawa Tengah Utara (GKJTU)

Jalan Letjen Sukowati 74 Kotak Pos 105, SALATIGA 50724 Jawa Tengah

Telp./Fax. (0298) 321.149/325.674

39.Gereja Kristen Kalimantan Barat (GKKB)

Jalan Gajah Mada No. 250 PONTIANAK 78122, Kalbar

Telp. (0561) 737.411

40.Gereja Gerakan Pantekosta (GGP)

Jalan Kramat Pulo No.22 B JAKARTA 10450

Telp. (021) 391.2486

Fax. (021) 568.8681

41.Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI)

Jalan Kapten M.H. Sitorus 13 PEMATANG SIANTAR 21115, Sumut

Telp. (0622) 22664

Fax. (0622) 433.625

42.Badan Pekerja Sinode Gereja Protestan

Indonesia di Buol Toli-toli (GPIBT)

Kotak Pos 105

TOLITOLI 94515, Sulawesi Tengah

Telp. (0453) 23143

43.Gereja Kristen Protestan Mentawai (GKPM)

Kantor Pusat GKPM

NEMNEMLELEU-SIKAKAP Mentawai, Kec. Pagai Utara Selatan Sumbar 25391

44.Gereja Kristen Indonesia Sumut

Jalan Gunung Simanuk-manuk 13 PEMATANG SIANTAR 21115 Sumatera Utara

Telp. (0622) 433.804

45.Gereja Kristen Protestan Angkola (GKPA)

Jalan Teuku Umar 102 PADANGSIDEMPUAN 22722 Tapanuli Selatan, Sumut

Telp. (0634) 21302 Fax. (0634) 22751

46.Kerapatan Gereja Protestan Minahasa (KGPM)

Jalan 5 September No. 6, Malalayang I Barat Kotak Pos 1239 MANADO 95012, Sulawesi Utara

Telp. (0436) 865.941

47.Gereja Mission Batak (GMB)

Jalan Serati No.11 E-F Kel. Sidodadi, Kec. Medan Timur MEDAN, Sumatera Utara 20234

Telp. (061) 415.5836

48.Gereja Angowuloa Masehi Indonesia Nias (Gereja AMIN)

Tetehosi Idanoi, Kotak Pos 9 GUNUNG SITOLI 22813, Nias-Sumut

49.Gereja Kristen Anugerah (GKA)

Jalan Kaji 2-A (belakang) JAKARTA 10130

Telp. 631.5309; 6470.0736

50.Badan Pekerja Sinode Gereja Protestan Indonesia Luwu (GPIL)

Prisma GPIL, Km-7 Rampoang PALOPO, Sulawesi Selatan

Telp./Fax. (0471) 23616, 22218

51.Gereja Kebangunan Kalam Allah (GKKA)

Jalan Raya Tenggilis Mejoyo 87 SURABAYA 60292, Jawa Timur

Telp. (031) 849.0732

Fax. (031) 849.0151

52.Gereja Kristen Kalam Kudus (GKKK)

Jalan Rasamala Hijau II Blok H-7/19 Perumahan Kosambi Baru JAKARTA BARAT 11750

Telp. 544.2334; 545.2139

Fax. 545.2139

TUGALA – LAHOMI Kecamatan Sirombu 22863 Kabupaten NIAS, Sumatera Utara

53.Gereja Sumatera Bagian Selatan (GKSBS)

Jalan Yos Sudarso 15 (Polos) Kotak Pos 146, METRO 34101 Lampung

Telp./Fax. (0725) 42598

54.Gereja Protestan Kalimantan Barat (GPKB Pontianak)

Jalan Rajawali 57 PONTIANAK 78112, Kalbar

Telp. (0561) 37523

55.Badan Pekerja Harian Gereja Bethel Indonesia (GBI)

Graha Bethel Indonesia

Jln. Jenderal A. Yani No. 65 Cempaka Putih, JAKARTA PUSAT

Telp. 420.6330

77.Gereja Kristen Abdiel

Jalan Jajar Tunggal Utara V/34 (Kav. I-26) SURABAYA 60229

Telp./Fax.: 031-568.4638

78.Gereja Kristus Rahmani Indonesia (GKRI)

Taman Kebun Jeruk

Jalan Jeruk Barak 3 Blok D2 No. 18 Jakarta Barat

Telp./Fax.: 021 – 586 9522 / 5869522

79.Gereja Sidang-sidang Jemaat Allah (GSSJA)

Gedung Kenanga

Jalan Senen Raya 46

JAKARTA PUSAT 10410

Telp./Fax.:021-384.3200; 380.7454-5

80.Gereja Kristus Yesus (GKY)

Jalan Mangga Besar 1 No. 74 Jakarta 11180

Telp: 021 – 649.9903, 649.9903

Fax: 021 – 649.9903

81.Gereja Kristen Protestan Injili Indonesia (GKPII)

Alamat: Jalan Cilosari Dalam III/14-16 Semarang 501289

Telp: 024-352.0260, 352.0261

82.Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII)

Alamat: Jalan Jambrut no.24 Jakarta Pusat 10430

Telp: 021 – 319.02510

Fax: 021 – 314.2148

83.Gereja Protestan Soteria di Indonesia (GPSI)

Alamat: jalan Gembira terusan No. 24 Tanjung Periuk – Jakarta Utara

Telp: 021 – 435.0118, 439.00061

Fax: 021 – 435.0118

Gembala Alki Tombuku GBIA Depok Jl. Kamboja No. 27, Depok Lama, Jawa Barat Telp. (021)68740965

Gembala Firman Legowo GBIA Filadelfia Jl. Sudirman No. 48 A, Bandar Lampung HP 081584737038

Gembala Hansen Heydemans GBIA Petra Jl. Kacang Polong I No. 14 Kompleks Bojong Indah, Cengkarang HP 08158145817

Gembala John Sung GBIA John The Baptist Jl. Nusa Indah 1, Kantor Prudential, Lt. 3, Pontianak, Kalimantan Barat HP 08565000777

Gembala Joko Hadi Rinekso GBIA Candipuro Jl. Majapahit No. 240, RT 06/RW 03, Bumijaya Candipuro, Lampung Selatan HP 085693548443

Gembala Kurnia Kristanto GBIA Kebenaran Ruko Plaza Cut Mutia Blok A5 No. 11 HP 081806265510

Rev. YAHYA TIRTA PREWITA
The General Secretary of the Javanese Christian Churches Synod
Local Pastor in the Purwantoro Javanese Christian Church. male, place and date of birth: Solo, 21 June 1968,
nationality: Java, INDONESIA.
Contact e-mail: yahyatp@telkom.net
Phone number: (62) 273 415 055

1. GKJ Bandung
Jl. Merdeka no. 28
BANDUNG – 40117
Telp. (022) 4203106
Fax. (022) 5406519

2. GKJ Sidareja (Sida Reja)
Jl. Jend. Sudirman no. 181
SIDAREJA, CILACAP – 53261
Telp.: (0280) 523195

3. GKJ “Sih Rahmat” Wanareja
Jl. Gatot Subroto no. 107,
WANAREJA – 53265

4. GKJ Majenang
Jl. K.H. Ahmad Dahlan no. 34,
MAJENANG, CILACAP – 53257.
Telp.: (0280) 621291

5. GKJ Gandrungmangu
Gandrungmanis RT.07 / RW.02
Kec. Gandrungmangu
CILACAP – 53254

6. GKJ Kawunganten
Jalan Gereja Karangbawang
Kawunganten, CILACAP – 53253
Telp. (0282) 611139

7. GKJ “Hosiana” Patimuan
Jl. Gereja no. 4
Purwodadi – Patimuan
CILACAP – 53264

8. GKJ Waringinsari
Desa Waringinsari, Kec. Langensari
Banjar, KAB. CIAMIS – 46342
Telp.: (0265) 742869

9. GKJ Kiaracondong
Jl. Stasiun Kiaracondong 99/134
BANDUNG – 40284
Telp.: (022) 7305127

10. GKJ Bandung Barat
Jl. Letjen Subagyo no. 9
BANDUNG – 40174
Telp.: (022) 6021018

1. GKJ Kebumen
Jl. Pemuda no. 140 A
KEBUMEN – 54312.
Telp.: (0287) 381193

2. GKJ Karangglonggong
Desa Wotbuwono,
Kecamatan Klirong
KEBUMEN – 54381

3. GKJ Prembun
d.a. SMP Masehi Prembun
Gang Cindrawasih no. 39
Prembun,
KEBUMEN – 54394

4. GKJ Tengahan
Ds. Gebangsari, Kec. Klirong
KEBUMEN – 54381.

5. GKJ Grujugan
Kotak Pos 135
KEBUMEN – 54301
6. GKJ “Menara Kasih” Sruweng
Jl. Raya no. 47
SRUWENG,
KEBUMEN – 54362

7. GKJ Karanganyar
Jl. Kartini no. 1
Karanganyar
KEBUMEN – 54354.

8. GKJ Tunjungseto
Tunjungseto, Desa Tunjungseto
Kutowinangun,
KEBUMEN – 54394.

9. GKJ Gombong
Jl. Yos Sudarso no. 176-178
GOMBONG – 54411
Telp. (0287) 471948

Klasis Purworejo
Jl. Jend. Sudirman no. 38
PURWOREJO – 54114
Telp. (0282) 321485 Klasis Magelang
d.a. SMU Kristen I
Jl. Veteran No. 8
MAGELANG – 56117
Telp. (0293) 362186

1. GKJ Purworejo
Jl. Kol. Sugiyono no.55
PURWOREJO 54111
Telp.: (0275) 321995

2. GKJ Kutoarjo
Jl. Sawunggalih no.15-17
KUTOARJO – 54213
Telp.: (0275) 641166

3. GKJ Karangjoso )
d.a. Bp. Sangkoro Birawa
Jl. S. Parman no. 1
Kutoarjo, PURWOREJO

4. GKJ Tlepok
Ds. Tlepok Wetan, Grabag
PURWOREJO – 54265.
HP. (081) 22976343

5. GKJ Bener
Jl. Magelang Km. 10,
Bener, PURWOREJO – 54183

6. GKJ Sidorejo (Sido Rejo)
Desa Sidorejo RT.01 / RW.I
Kec. Purworejo,
PURWOREJO – 54151

7. GKJ Kaligesing
Klasis Purworejo
Jl. Jend. Sudirman no. 38,
PURWOREJO – 54114.

8. GKJ Pituruh
Kantor Depdikbud Kec. Pituruh
KAB. PURWOREJO – 54263

9. GKJ Jenar – Geparang
Jl. Brigjen Katamso 51.A,
PURWOREJO – 54115

10. GKJ Jatirejo (Jati Rejo)
d.a. Bp. Partowinarso
SDN Jatirejo, Jatirejo
Kaligesing, PURWOREJO – 54175.

11. GKJ Purworejo Selatan
Jl. Brigjen. Katamso No. 169
PURWOREJO – 54115
HP.: (081) 22742858

1. GKJ Plengkung
Jl. P. Tendean no. 4
MAGELANG – 56116
Telp.: (0293) 364264

2. GKJ Magelang
Jl. Tentara Pelajar no. 106
MAGELANG – 56122
Telp.: (0293) 361194

3. GKJ Muntilan
Jl. Pemuda no. 199
Muntilan, MAGELANG – 56415

4. GKJ Ngablak
Jl. Raya Magelang – Salatiga
KM. 28, No. 17
Ngablak, MAGELANG – 56194

5. GKJ Mertoyudan
Jl. Kyai Irzad 30
Kec. Martoyudan
Sumberrejo
MAGELANG – 56172

6. GKJ Bono
d.a. Pdt. Sabar Martana, S.PAK
Dsn. Bono, Ds. Kajangkoso
Pakis, KAB. MAGELANG – 56193

7. GKJ Secang
Jl. Raya Temanggung no.51
Secang, MAGELANG – 56195
Telp. (0293) 714536

8. GKJ Grabag Merbabu
Jl. Raya 99 Grabag
MAGELANG – 56195.
Telp.: (0293) 361664

9. GKJ Salaman
Ds. Kauman RT. 03 RW.XII
Salaman, MAGELANG – 56162

10. GKJ Gumuk
Jl. Merbabu
Ngablak,
MAGELANG

11. GKJ Kenalan
Kel. Kenalan, Kec. Pakis
KAB. MAGELANG – 5619

Klasis Sindoro Sumbing
d.a. GKJ Parakan
Jl. Aip Mungkar No. 18.A
PARAKAN – 56254
Telp. (0293) 596401 Klasis Yogyakarta Barat
Jatimulyo TR.I/648,
YOGYAKARTA – 55242.
Telp.: (0274) 589535

1. GKJ Jumo
Jl. Raya Jumo, Jumo, Ngadirejo
TEMANGGUNG – 56256
HP.: (081) 22631680

2. GKJ Ngadirejo (Ngadi Rejo)
Jl. Candiroto No.100
Ngadirejo,
TEMANGGUNG – 56255

3. GKJ Temanggung
Jl. Diponegoro no. 41.A

6. GKJ Sarimulyo (Sari Mulyo – Sari Mulya – Sarimulya)
Gg. Pandega Bakti 20
Jl. Raya Kaliurang Km. 5,6
YOGYAKARTA – 55281
Telp. (0274) 564670

7. GKJ Tanjungtirto (Tanjung Tirto)
Pos Berbah Sleman
YOGYAKARTA – 55573
HP.: (082) 2757831

8. GKJ Dayu
Pusung, Sinduharjo
P.O. Box. 40, Ngaglik, Sleman,
YOGYAKARTA. – 55581
Telp.: (0274) 887956

9. GKJ Minomartani
Jl. Bandeng VIII/01
Perumnas Minomartani, Ngaglik,
Sleman, YOGYAKARTA – 55581
Telp. (0274) 885060

10. GKJ Tulung,
ds Tulung, Tamanmartani, Kalasan, Sleman,
YOGYAKARTA – 55572
Telp. (0274) 564670

1. GKJ Bantul
Jl. MGR. Sugiyopranoto SJ.169
BANTUL (DIY) – 55714
Telp.: (0274) 367341, 367708

2. GKJ Canden
Canden, Jetis, Pos Jetis
BANTUL (DIY) – 55781

3. GKJ Sawokembar-Gondokusuman
Jl. Dr. Wahidin no. 40
YOGYAKARTA – 55222
Telp.: (0274) 513570

4. GKJ Kotagede (Kota Gede)
Jl. Depokan II/184
Kotagede, YOGYAKARTA – 55172
Telp.: (0274) 375010

5. GKJ Madukismo (Madu Kismo)
Komp. Timur Pabrik Gula
Madukismo, Kotak Pos 49,
YOGYAKARTA – 55181

6. GKJ Mergangsan
Jl. Tamansiswa no. 166
YOGYAKARTA – 55151
Telp.: (0274) 375651

7. GKJ Patalan
Jl. Parangtritis Km. 15,
Patalan, Jetis, Bantul,
YOGYAKARTA – 55781
Telp.: (0274) 368147

8. GKJ Sumberagung (Sumber Agung)
Sawo, Sumberagung, Jetis
Pos Jetis,
BANTUL (DIY) – 55781

9. GKJ Gunturgeni (Guntur Geni)
Bayuran, Poncosari, Srandakan
BANTUL (DIY) – 55762

10. GKJ Jodhog
Noyopaten, Gilangharjo,
Pandak, Bantul,
YOGYAKARTA – 55761

11. GKJ Sidomulyo
Jl. Parangtritis Km. 21,
Tegal Belan, Sidomulyo
Bambanglipuro, Bantul
YOGYAKARTA – 55764

12. GKJ Brayat Kinasih
Miliran, Muja-muju, Umbulharjo
YOGYAKARTA – 55165
Telp. (2474) 550414

Klasis Kulon Progo
Jl. Bhayangkara no. 3,
Wates, Kulon Progo
YOGYAKARTA – 55611
Telp.: (0274) 773465 Klasis Gunung Kidul
Jl. Gereja no. 11-12
WONOSARI
(GUNUNG KIDUL) – 55812.
Telp. (0274) 391146

Klasis Pekalongan Barat
Jl. Dr. Sutomo no. 34,
TEGAL – 52113.
Telp. (0283) 351630 Klasis GKJ Jakarta Bagian Timur
d.a. Jl. Balai Pustaka Timur no. 1
Rawamangun, JAKARTA

1. GKJ Tegal
Jl. Dr. Sutomo no. 32,
TEGAL – 52113
Telp.: (0283) 351630

2. GKJ Pemalang
Jl. Jend. Sudirman Timur no.42-44
PEMALANG – 52313
Telp.: (0284) 321192

3. GKJ Slawi
Jl. K.H. Ahmad Dahlan C/17,
SLAWI (KAB.TEGAL) – 52419
Telp. (0283) 499565

4. GKJ Moga
Jl. Raya Moga – Pemalang
Moga, PEMALANG – 52354
Telp. (0284) 84071

5. GKJ Brebes
Jl. Yos Sudarso no. 22
BREBES – 52212
Telp. (0283) 72817

6. GKJ Mejasem
Jl. Pala 22 no. 86, Mejasem Barat
TEGAL – 52181
Telp. (0283) 321215

1. GKJ Jakarta
Jl. Balai Pustaka Timur no. 1
Rawamangun, JAKARTA – 13220
Telp.: (021) 4893435

2. GKJ Bekasi
Jl. Jatiluhur Raya RT. 001/RW. 013
Kompleks Pengairan,
Kelurahan Jakasampurna
Kecamatan Bekasi Selatan
KOTIF BEKASI
Telp.: (021) 8840760

3. GKJ Tanjung Priok
Jl. Cilincing Raya No. 50,
Cilincing, JAKARTA – 14120
Telp.: (021) 4400459

4. GKJ Pangkalanjati
Jl. Harapan Jaya no. 18,
RT 003 RW 012,
Kelurahan Cipinang Melayu
JAKARTA TIMUR – 13620
Telp.: (021) 8629366

5. GKJ Pondok Gede
d.a. Wisma Hexa
Jl. Raya Hankam no. 54-56
Jati Rahayu, Pondok Gede – 17414
BEKASI (JABAR)
Telp./Fax.: (021) 84993521

6. GKJ “GANDARIA”
Komplek YONIF 201, Jaya Yudha
Jl. Raya Bogor Km. 28
Gandaria, JAKARTA TIMUR
Telp. (021) 8717876

7. GKJ Bogor
Komplek Pulo Armin
Jl. Pajajaran Blok A no. 4.
BOGOR 16143
Telp/Fax : 0251 – 360334

Klasis GKJ Jakarta Bagian Barat
d.a. GKJ Eben-Haezer
Jl. Palapa Raya no. 5
Pasar Minggu, JAKARTA – 12520
Telp.: (021) 7805083
Fax. (021) 78845165

Klasis Semarang Timur
d.a. GKJ Genuk
Jl. Genuksari RT.05/I
(Sebelah Puskesmas)
Kec. Genuk
SEMARANG – 50117
Telp. (024) 6583343

1. GKJ “Nehemia”
Jl. Raya Pasar Jumat
Pondok Indah
JAKARTA SELATAN – 12310
Telp.: (021) 7691116

2. GKJ Eben – Haezer (Ebenhaezer)
Jl. Palapa Raya No. 5
Pasar Minggu, JAKARTA – 12520
Telp.: (021) 7805083
Fax. (021) 78845165

Klasis Pekalongan
Jl. WR. Supratman no. 302
PEKALONGAN – 51114
Telp. (0285) 420710 Klasis Salatiga
Jl. Fatmawati No.
SALATIGA – 50715.
Telp.: (0298) 315057

1. GKJ Pekalongan
Jl. WR. Supratman no. 302
PEKALONGAN – 51114
Telp. (0285) 423081 (Pastori)
(0285) 420710 (Kantor)

2. GKJ Mesias Bandar – Batang
Jl. Rambutan Blok VI No.1,
Pasekaran, BATANG – 51251
Telp. (0285) 391523

3. GKJ Kesimpar
Kesimpar, Petungkriyono,
Pos Doro,
PEKALONGAN – 51193

4. GKJ Limpung
Medono, Plumbon
Kec. Limpung
Kab. Batang – 51271
Telp. (0285) 429816

5. GKJ Purbo
d.a. Bp. Suhadi Ws.
PTP XVIII (Persero)
Jolotigo – Doro
PEKALONGAN – 51191.

6. GKJ Immanuel Karanganyar
PO. Box. 1
Kajen, PEKALONGAN – 51161
Telp.: (0285) 381211

1. GKJ Salatiga (Sala Tiga)
Jl. Diponegoro no. 55
SALATIGA – 50714
Telp.: (0298) 326246

2. GKJ Ambarawa
Jl.Anggrek III/1,
Panjang Kidul RT.03/RW.I
AMBARAWA – 50614
Telp.: (0298) 594080

3. GKJ Ngampin
d.a. Pdt.S.Nathanael
Pastori GKJ Ngampin
Ngampin, AMBARAWA – 50651
Telp.: (0298) 593083

4. GKJ Tuntang Timur
Pastori GKJ Tuntang Timur
Karanglo, Bringin
BRINGIN (SALATIGA) – 50772
HP : (081) 22855478

5. GKJ Salib Putih
Jl.Raya Salatiga Kopeng Km.4,
SALATIGA -50774
Telp.: (0298) 321997

6. GKJ Salatiga Utara
Jl. Fatmawati Km. 1
Blotongan,
SALATIGA – 50715
Telp. (0298) 325049

7. GKJ Bandungan
Jl. Sukorini no. 3,
BANDUNGAN
(AMBARAWA) – 50651
Telp.: (0298) 711843

8. GKJ Salatiga Timur
Jl.Tanggulayu no.7, Nanggulan,
SALATIGA – 50742
Telp.: (0298) 324408

9. GKJ Salatiga Selatan
Jl. Argoyuwono no.39,
Dk.Ringinawe, Ds. Ledok
SALATIGA – 50717
Telp. (0298) 324676

10. GKJ Sidomukti (Sido Mukti)
Jl. Brigjen. Sudiarto no. 12,
SALATIGA – 50721
Telp. (0298) 314581

11. GKJ Karangalit
Jl. Wisanggeni no.57, Karangalit,
SALATIGA – 50722
Telp. (02980 322289

12. GKJ Susukan
Rogomulyo RT.04 RW.08
Susukan,
KAB. SEMARANG – 50777

13 GKJ Randuares
Randuaras, Kumpulrejo, Argomulyo
SALATIGA
14. GKJ Kaliceret
d.a. Pdt. Samuel
Kaliceret, Kec. Kedungjati
Purwodadi, GROBOGAN – 58167

Klasis Sragen
d.a. GKJ Sragen
Jl. Raya Sukowati No. 882
PO. BOX 106 SRAGEN – 57201
Telp.: (0271) 891603 Klasis Lawu Karanganyar
d.a. GKJ Karanganyar
Jl. Lawu No. 244
KARANGANYAR – 57716
Telp.: (0271) 495370

1. GKJ Sragen
Jl. Raya Sukowati no.882
Sragen Kulon, SRAGEN – 57201
Telp.: (0271) 891603

2. GKJ Gondang
Gondangtani RT. 10 / RW. VII
Gondang, Sragen
SURAKARTA – 57254

3. GKJ Sambirejo (Sambi Rejo)
Blimbing, Sambirejo
SRAGEN – 57293

4. GKJ Taman Asri
Jl. R.A. Kartini no. 22
SRAGEN – 57201
Telp.: (0271) 891856

5. GKJ Sidomulyo
Jl. Kapten Tendean no. 2,
SRAGEN – 57214
Telp.: (0271) 890772

6. GKJ Gambiran
Jl. Raya Sukowati Barat Km.2, no.25.A, Gambiran, Sine
SRAGEN – 57213
HP.: (081) 22588745

7. GKJ Jagan
Kebonagung, Kroyo
Karangmalang, SRAGEN – 57221

8. GKJ Tanon
Patihan RT.10 / RW.IV
Desa Gabugan, Kel. Tanon
SRAGEN – 57277
Telp. (0271) 895115

9. GKJ Jambangan
Purworejo, Celep, Kedawung
PO Box 153
SRAGEN – 57292
HP.: (081) 56745640

10. GKJ Jatisumo
Jatisumo, Sambungmacan
SRAGEN – 57253

1. GKJ Karanganyar
Jl. Lawu no. 244
Karanganyar,
SURAKARTA – 57716
Telp.: (0271) 495370

2. GKJ Tawangmangu
Jl. Lawu no. 75
Tawangmangu, Karangnayar
TAWANGMANGU – 57792
Telp. (0271) 697320

3. GKJ Kismorejo
Jl. Raya Solo – Karanganyar Km.10,3
Jaten, Karanganyar,
SURAKARTA – 57771

4. GKJ Kerjo
Sumbirejo, Kerjo, Karanganyar
KAB. KARANGANYAR – 57753

5. GKJ Harjosari
Harjosari RT.02 / RW.02
Popongan,
KARANGANYAR – 57715

6. GKJ Manunggal
Ds. Sedayu, RT.01/ RW.05 no.93
Jumantoro,
KARANGANYAR – 57782
9. GKJ Pajang – Makamhaji (Makam Haji)
Jl. Tribusono no. 18, Makamhaji
Kartasura, SUKOHARJO – 57161
Telp.: (0271) 721611

10. GKJ Gebyog
Kel. Ngemplak, Kec. Kartasura
SUKOHARJO – 57169

11. GKJ Sabda Winedhar
Sumber RT. 01 / RW. VII
SURAKARTA – 57138
Telp.: (0271) 726922

12. GKJ Ampel
Dk. Nyamplung Lor
Ds. Urutsewu, Kec. Ampel
KAB. BOYOLALI

13. GKJ Sabda Mulya
Jl. Amarta no. 6, Ngabeyan,
Kartasura, SUKOHARJO – 57165
Telp.: (0271) 783830

14. GKJ Gatak
Tempel RT.05, RW.V Blimbing, Gatak
SUKOHARJO – 57557
Telp. (0271) 789002

Klasis Wonogiri
d.a. GKJ Wonogiri Utara
Jl. Jend. Gatot Subroto no. 63
Wonokarto, WONOGIRI – 57612

Klasis Sukoharjo
d.a. GKJ Sukoharjo
Jl. Pemuda no. 41
SUKOHARJO – 57511
Telp. (0271) 593557

1. GKJ Wonogiri
Jl. Murtipranoto no. 92 Sanggrahan,
WONOGIRI – 57612
Telp.: (0273) 321272

2. GKJ Wuryantoro
Jl. Raya Eromoko no. 10 Eromoko,
WONOGIRI – 57663
Telp.: (0273) 461423

3. GKJ Slogohimo
Kotak Pos 03 Slogohimo
WONOGIRI – 57694

4. GKJ Baturetno (Batu Retno)
Jl. Sidotresno no.05
BATURETNO – 57673
Telp.: (0273) 461048

5. GKJ Purwantoro
Purwantoro
WONOGIRI – 57695

6. GKJ Girikinasih
Jl. Raya Girimarto–Sidoharjo no.18
Girimarto, WONOGIRI – 57683

7. GKJ Wonogiri Utara
Jl. Jend. Gatot Subroto 63
Wonokarto, WONOGIRI – 57612

8. GKJ Nguter
Jl. Raya Nguter No. 7 Nguter, Sukoharjo – 57571.
Telp. (0271) 6594368

1. GKJ Sukoharjo
Jl. Pemuda no. 41,
SUKOHARJO – 57511
Telp.: (0271) 593557, 591228

2. GKJ Baki
Jl. W.R. Supratman no. 81
BAKI – 57556
Telp.: (0271) 625546

3. GKJ Bulu-Sukoharjo
Jl. Yos Sudarso no. 12
Bulu, Kecamatan Bulu
KAB. SUKOHARJO – 57563

4. GKJ Grogol – Sukoharjo
Jl. MT. Haryono
Madegondo RT. 02 / RW. 01
Grogol, SUKOHARJO – 57552
Telp.: (0271) 620326

5. GKJ Kronelan
Jl. Diponegoro no. 9,
Plumbon, Mojolaban
SUKOHARJO – 57554
Telp.: (0271) 610023

5. GKJ Pedan
Kotak Pos 7
Pedan, KLATEN – 57468
Telp. (082) 2774427

6. GKJ Karangdowo
SMP Kristen 8
Karangdowo, KLATEN – 57464

7. GKJ Gayamprit
Jl. Rinjani, Kampung Banyon RT. 01 Gayamprit
KLATEN SELATAN – 57424
HP.: (081) 22605166

8. GKJ Jatinom
Jeblog RT.03 / RW.01 no. 199
Karanganom, KLATEN – 57475
Telp.: (0272) 552864

9. GKJ Gumulan
Jl. Candi Sewu Sidoagung no. 49
RT. 01 / RW. XI, Gumulan
KLATEN – 57417

10. GKJ Wonosari Delanggu
Poko, RT 01/RW IV Duwet Wonosari
KLATEN – 57473
Telp. (0271) 7005881

11. GKJ Trucuk
Klemudan, Gaden, Trucuk
KLATEN

  Sinode

  1. IFGFGISI
    Alamat : Taman Himalaya. Jl. Gunung Rinjani No : 6.
    Lippo Karawaci – Tangerang
    Telp/Fax : 021 54202388
    Ketua Sinode : Ps. Budi Hidayat
  2. GKRI
    Alamat : Jl. Danau Tondano A3
    Bendungan Hilir
    Jakarta Pusat
    Telp/Fax : 021 5701030 – 31
    Ketua Sinode : Pdt. Prof. S.J. Sutjiono
  3. GPKdI
    Alamat : Jl. Al Almanah Kav Polri No 145A
    Jelambar
    Jakarta
    Telp/Fax : 021 5810206-7 / 021 565376143
    Ketua Sinode : Pdt. John Chandra

  Gereja Lokal

  1. GKRI Diaspora
    Alamat : Jl. Danau Tondano A3
    Bendungan Hilir
    Jakarta Pusat
    Telp/Fax : 021 5701030 – 31
    Gembala sidang : Pdt Martin Harefa, STh
  2. GKRI Lippo Cikarang
    Alamat : Jl. Pinus 5/10
    Meadow Green
    Lippo Cikarang
    Telp/Fax :021 8972975
    Gembala sidang : Pdt Suharto
  3. GUPDI Jemaat Bandung
    Alamat : Gang Moch Tabri No 70A/65
    Bandung
    Telp/Fax : 022 2030756
    Gembala Sidang : Rev. Philipus Obadja
  4. GKSI Grogol
    Alamat : Kompleks kota Grogol Permai Blok C 41 – 44
    Jl. Dr. Latumenten – Jelambar
    Jakarta Barat
    Telp/Fax :021 5701030 -31
    Gembala Sidang : Pdt. Paulung Eppang
  5. Gereja Kristen Kebenaran
    Alamat : Jl. Rajawali selatan II No.2
    Jakarta Pusat
    Telp : 021 64711075
    Gembala sidang : Pdt Jane
  6. Gereja Babtis Jakarta Taman kencana
    Alamat : Taman Kencana Blok A1/8
    Cengkareng
    Telp/Fax : 021 5553443
    Gembala Sidang : Pdt Hengky setiawan
  7. Gereja Kristus Bai Thani
    Alamat : Taman Surya 3 Blok F I No : 12
    Kali Deres
    Jakarta Barat
    Telp/Fax : 021 5364194
    Gembala Sidang : Andreas Soestono
  8. GSJA Betlehem Surya Kencana Bogor
    Alamat : Surya Kencana No 93
    Bogor
    Telp/Fax : 0251 327797
    Gembala Sidang : Pdt Arif Multy
  9. GSJA Grogol
    Alamat : Jl. Dr. Susilo III no 17
    Jakarta Barat
    Telp/Fax : 021 5683905
    Gembala Sidang : Pdt Eddy Suharsa
  10. GKI Jemaat Bungur
    Alamat : Bungur Besar No : 84
    Jakarta
    Telp/Fax : 021 4213645
    Sekretaris : Gani Gunawan Djong
  11. GBI RMK Kedoya
    Alamat : Jl. Puri Kencana Blok M4/1
    Kembangan Selatan
    Jakarta Barat
    Telp/Fax : 021 70604628
    Gembala Sidang : Pdt Rusli Darmawan
  12. GSJA Rumah Doa Bekasi
    Alamat : Taman Kota Blok A2/7
    Bekasi Jaya
    Telp/Fax : 021 8800754
    Gembala Sidang : Bp. Thomas Agung Utomo, MA
  13. GSJA Charismatik Calvary
    Alamat : Jl. Batu Tulis No 7, Bogor
    Telp : 0251 – 8317673
    Fax : 0251 – 8349302
    Gembala sidang : Pdt Okkie Elisa Laloh

Tanggapan

  1. Salam Sejahtera,

    Saya adalah anggota jemaat GKI Kebayoran Baru. Ingin mengetahui lebih lanjut mengenai diakonia transformatif.
    Dapatkah saya diberi informasi mengenai materi seminar, daftar kepustakaan yang memberi informasi lebih lanjut tentang diakonia transformatif ini?

    Salam dalam kasih Tuhan Yesus Kristus.
    Makmur M Tampubolon.

  2. Спасибо за информацию!!!!!


Tinggalkan komentar